• • CapellaDaihatsu.co.id | Selamat Datang di Situs Resmi PT. Capella Medan
Ayla Bisa Dibawa Mudik Lebaran!?  
Home » News » Ayla Bisa Dibawa Mudik Lebaran!?
Asumsi Ayla bisa dibawa mudik lebaran?! Mungkin saja terjadi, dengan catatan peraturan teknis terkait LCGC benar bisa keluar pada akhir Juni ini. Seperti kutipan wawancara Jurnal Nasional yang diutarakan oleh Sudirman MR selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang juga Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang menjelaskan bahwa, pihaknya siap untuk memproduksi mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/ LCGC) pada Agustus 2013 mendatang.

 "Tunggu dulu peraturan teknisnya keluar. Kami dengar, Menperin MS Hidayat mengatakan paling lambat akhir Juni ini aturan teknis tersebut akan dikeluarkan. Kami berharap, kalau Permenperin keluar akhir Juni ini, Setelah itu, akan kami pelajari, baru kami ajukan aplikasi (ikut dalam program LCGC). Kami harap proses aplikasinya tidak terlalu lama. Satu bulan semuanya sudah bisa dapat persetujuan. Sehingga, paling tidak akhir Juli atau awal Agustus kami sudah bisa melakukan penjualan kendaraan tersebut. Paling tidak, mulai berproduksilah," kata Sudirman di Jakarta, Rabu (19/6).

Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi para calon pemilik Ayla, yang sudah mengaharapkan mobil LCGC idamannya segera sampai di garasi rumah. Jika saja benar adanya peraturan LCGC resmi diumumkan dan Ayla resmi diproduksi secara massal dan terdistribusi ketangan para pembelinya, bukan tidak mungkin nanti saatnya mudik lebaran, akan tampak Astra Daihatsu Ayla berakselerasi  di jalur mudik lebaran.

Meskipun masih ada berapa hal yang mesti diujicobakan, namun rasanya penantian panjang beredarnya Ayla masih dinanti banyak pihak dan layak ditunggu. Terlebih lagi dengan adanya rencana pemerintah yang akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Produk mobil yang menganut LCGC sudah dapat dipastikan haruslah memiliki standar jarak tempuh, seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan penetapan standar daya tempuh setidaknya 20 km/l, otomatis Ayla merupakan produk mobil kompak yang efesien penggunaan BBM, terlebih jika produk LCGC diharuskan menggunakan BBM non subsidi (Pertamax)

 "Pada saat ini pun, produk-produk yang dikeluarkan oleh anggota-anggota Gaikindo, sejak keluar ketentuan tahun 2005, kita menganut emisi Euro 2. Seharusnya ya pakai BBM non subsidi, yakni pertamax. Tapi, kembali kepada konsumen. Itu yang sulit dicegah, walaupun ada risiko, kalau kendaraan-kendaraan itu digunakan untuk bahan bakar non subsidi dengan oktan yang rendah, maka umur hidup mesinnya tidak akan bertahan lama," katanya. (RAO)

No related Links